Halaman

31 Desember 2010

TIPS UNTUK IKHLAS


Ikhlas merupakan salah satu sifat orang yang beriman, karena dengan ikhlas kita bisa mensykuri segala. Saya pernah membaca artikel tips ikhlas oleh Dika Firdausi Syuhada, artikel tersebut membuat saya lebih termotiasi bahwa sangat besar mempunyai hati yang ikhlas. Berikut isi dari artikel tersebut

IKHLAS KEHILANGAN

Terkadang bayangkan gelas itu pecah ketika gelas itu masih dalam keadaan utuh, maka ketika gelas itu memang pecah pada waktunya maka kita takkan bergumam “ aaa..ko pecah!!!” tapi kita kan berguman “ Akhirnya, pecah juga!” , Jika sudah bisa bergumam seperti itu dari hati maka itulah yang disebut Ikhlas
kehilangan. Orang Iman biasanya secara reflek bakalan menggumamkan “ Inna llillahi wa inna ilaihi Rojiun”
Segala barang yang kita punya merupakan titipan Allah, kapan pun Allah berkehendak maka akan ia ambil kembali. Ketika kita ikhlas yakinlah bahwa Allah akan memberikan ganti yang lebih baik.

IKHLAS MEMBERI

Sebenarnya kekecewaan ketika kita memberi sesuatu, disebabkan oleh kita sendiri, jika sesuatu yang kita berikan itu balasannya tidak sesuai dengan apa yang kita kehendaki atau tidak setimpal dengan apa yang telah kita berikan atau apa yang kita korbankan,

Contohnya : ketika kita tersenyum pada seseorang kita akan kecewa jika dia tidak membalas senyum kita, tapi jika kita tulus maka kita takkan peduli apa dia membalasnya atau nggak.


Dengan mempunyai sifat ikhlas, kita akan selalu melakukan kebaikan dengan tulus tanpa mengharap imbalan, atau Allah lah yang akan membalas segala perbuatan baik kita.

TUHANLAH SUTRADARANYA

Ikhlas berarti juga mengaku bahwa apa yang kita jalani sekarang ini semata-mata hanya menjalani scenario yang sudah di Acc oleh Allah, Kalo kita sadar keberadaan kita selama ini ternyata hanyalah sebagai figuran alias pemain pembantu, dan terkadang jadi pemain utama untuk film kita sendiri-sendiri. Ya, sudah jalani saja? Mau protes dan memutus kontrak? Ya sudah coba saja putus kontrak hidup anda sama Allah, malah nggak enak, ya kalo abis putus kontrak masuk surga, kalo masuk neraka? nah, loh…!!!
Sebelum kita semua di ciptakan Allah telah terlebih dahulu menulis garis hidup kita, kita hanya bisa menjalani dengan penuh ikhlas, dengan berusaha menjalani segala perintahnya serta. menjauhi segala laranganya.

BANYAK BERDO’A

Dengan banyak berdoa, kita akan yakin bahwa semua ini Allah yang punya dan Allah pemilik segalanya, maka hanya pada Allah kita meminta segala kebutuhan Kita. OK, orang yang iklhas juga merupakan ahli Doa, karena hanya dengan hati yang pasrahlah Allah mengabulkan Do’a- do’a kita.
Banyak berdoa merupakan salah satu cara kita ikhlas, memasrahkan diri kita hanya pada Allah. Tentunya dengan berusaha  terlebih dahulu.

JADILAH DIRI SENDIRI

Dengan menjadi diri sendiri maka kita takkan kecewa-kecewa amat ketika ada orang-orang kecewa dengan apa yang kita lakukan, jangan pernah melakukan apapun itu hanya untuk orang lain, jika kamu adalah orang yang melakukan sesuatu karena ingin membahagiakan orang tua, maka itu konyol jika apa yang kau lakukan bukanlah hal yang kau suka.

Menjadi diri sendiripun merupakan bentuk dari Ikhlas, kan itu berarti kita adalah orang yang menerima dan bersyukur dengan apaun yang ada dalam diri kita. Lakukan apapun dengan hati dan lakukan dengan niat tunggal yakni “ Lillah” karena Allah.

Lakukan dengan hati tanpa ada paksaan, menjadikan kita diri kita sendiri.

Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari tulisan di atas..

1 komentar:

  1. Artikelnya keren banget, menambah semangat n mendorong untuk menjadi lebih ikhlas....

    BalasHapus